Rabu, 10 Januari 2018

Pengantar Penelitian Disertasi

Kata kunci : baterai Li-ion, selulosa, turunan selulosa, cairan ion

Permasalahan dalam penelitian disertasi ini adalah pencarian material polimer elektrolit yang dapat meningkatkan kinerja baterai Li-ion serta mampu menekan permasalahan lingkungan akibat limbah dari baterai Li-ion. 
Agenda pencarian pemilihan dan penggunaan bahan biokompatibel yg ramah lingkungan berupa turunan selulosa adalah inti dari penelitian ini.

Selulosa telah berhasil dimanfaatkan untuk berbagai keperluan elektrokimia antara lain baterai Li ion maupun superkapasitor. Keunggulan-keunggulan yg dimilikinya selulosa antara lain ketahanan termal yang tinggi dan sifat mekanik yg baik. Akan tetapi dalam pemanfaatannya tersebut, selulosa harus dimodifikasi menjadi turunannya, dalam penelitian ini turunan selulosa tersebut berupa eter selulosa yaitu metil selulosa.

Metil selulosa memiliki keunggulan antara lain mampu dibentuk menjadi film plastik (membran) karena dapat larut pada beberapa jenis pelarut seperti air maupun pelarut-pelarut organik lainnya.

Dalam memodifikasi selulosa menjadi metil selulosa digunakan teknik konvensional hasil penelitian sebelumnya, dan juga menawarkan metode baru yaitu menggunakan pelarut cairan ion dan/atau berbantuan iradiasi gelombang mikro (microwave).

Secara paralel cairan ion juga disintesis untuk keperluan modifikasi selulosa tersebut dan juga berguna dlm memberikan peningkatan sifat fisis dari membran polimer elektrolit lainnya.

Cairan ion sendiri telah banyak dikembangkan dalam hubungannya dengan pemrosesan selulosa dan juga perannya memberikan efek plastisasi membran polimer elektrolit. Efek plastisasi yg ditunjukkan oleh telah banyak dilaporkan meningkatkan konduktivitas, sifat termal, sifat mekanik. Peningkatan konduktivitas sinergis dengan menurunnya derajat kristalinitas membran dan meningkatnya fraksi amorf.

Analisis yang tipikal dalam penelitian material membran polimer elektrolit ini antara lain analisis gugus fungsi, analisis struktur, analisis konduktivitas, analisis termal, analisis mekanik, analisis kristalinitas dan analisis morfologi permukaan dan penampang melintang.


Tim Pembimbing dalam penelitian disertasi saya, antara lain:

1. Prof. Dr. I Made Arcana (Pakar Kimia Fisika/Biopolimer/Biodegradable Polymer)

2. Assoc. Prof. Dr. Bunbun Bundjali (Pakar Kimia Fisika/Elektrokimia/Korosi)
3. Assoc. Prof. Dr. Deana Wahyuningrum (Pakar Kimia Organik/Sintesis Organik/Cairan Ion)  

Adapun tahapan penyelesaian studi Doktor
1. Tahap I Persiapan : Ujian Kualifikasi --- lulus
2. Tahap II Proposal --- lulus
3. Tahap III Penelitian (I-IV) --- Penelitian I dan II (lulus), Penelitian III sedang berlangsung
4. Tahap IV Penulisan Disertasi


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Karakterisasi Material Polimer: Studi Kasus Mikrokristalin Selulosa (MCC)

Untuk mempelajari stuktur dan sifat mikrokristalin selulosa (MCC), beberapa teknik telah banyak dilakukan peneliti. Analisis-analisis te...