Senin, 06 Juli 2020

Reunian sekaligus Menambah Ilmu

Pendemi COVID-19 ternyata memberikan hikmah, di mana komunikasi yang intens bisa dilakukan menggunakan jaringan (internet), komunitas- komunitas pun dapat terbangun dengan baik, terutama yang memiliki latar belakang bidang keilmuan yang sama. Temu kangen online yang bermanfaat sebaiknya diisi dengan diskusi-diskusi yang bermanfaat terutama jika ada hal-hal baru yang sangat menarik untuk dibahas. Tujuan dari pertemuan ini juga untuk mempererat silaturahmi kami rekan-rekan seperjuangan dalam menuntut ilmu. Hal inilah yang membangkitkan semangat Alumni  Kelompok Keahlian Kimia Fisik dan Anorganik ITB angkatan tahun masuk 2010 & 2011 yang terdiri dari:
1. Sonny Setiadji, M.Si
2. Dr. Sun Theo CL Ndruru
3. Nova Pratiwi Indriyani, M.Si
4. R Aditya Wibawa Sakti, D.Sc
5. Arini Rajab, M.Si
6. Made Ganeh Darmayanti, M.Si
7. Multazam, M.Si
8. Tisa Mandala Sari, M.Si
untuk mengadakan tutorial online berbasis Kimia Komputasi.


Kimia Komputasi yang dikenal sekarang merupakan kelompok keilmuan yang sudah lama digeluti oleh para Kimiawan dan merupakan produk dari era digital. Martin Karplus, Michael Levitt dan Arieh Warshel memenangkan Nobel Kimia 2013, dalam bidang Kimia Komputasi untuk pekerjaan yang sudah mereka lakukan di tahun 1970an yaitu “Pengembangan Model untuk Sistem Kimia Kompleks”. Kimia Komputasi merupakan kelompok penelitian yang memfokuskan diri pada perhitungan-perhitungan kimia seperti optimasi geometri, dinamika molekul dan lain lain. Melalui riset Kimia Komputasi, seorang peneliti mampu mendesain molekul/material tertentu untuk mendapatkan proses yang lebih produktif serta efisien dan dapat menjelaskan fakta eksperimen seperti memprediksi mekanisme reaksi yang memungkinkan dapat dilakukan secara eksperimen dan energi terlibat dalam mekanisme tersebut, apabila terlalu tinggi maka dipastikan molekul yang dihasilkan kurang stabil. Kimia Komputasi dapat mempelajari sifat-sifat fundamental atom, molekul dan reaksi kimia menggunakan mekanika kuantum dan termodinamika.

Pada Pertemuan I kali ini, 4 Juli 2020, Dr. R Aditya Wibawa S., menjadi tutor dengan Topik, Penggambaran Struktur Molekul Menggunakan Avogadro. Avogadro merupakan software kimia gratis, open source, untuk merancang dan memvisualisasikan molekul yang dapat digunakan dengan lintas paltform dalam bidang kimia komputasi, permodelan molekul, sains material dan ilmu lainnya yang terkait. Avogadro juga menawarkan penggambaran model molekul dengan kualitas tinggi.  Avogadro tersedia untuk sistem Windows, Linux dan Mac OS. Berikut link untuk mendownload Avogadro https://sourceforge.net/projects/avogadro/. Dalam tutorial ini peserta terlebih dahulu menginstal aplikasi Avogadro di laptop masing-masing. Melalui aplikasi Avogadro kita dapat menggambar molekul, optimasi geometri menggunakan GAFF + conjugate gradient serta mempelajari energi molekul dan perubahan konformasi.

Tutorial yang menarik ini membuat peserta tertantang untuk mengeksplor lebih jauh tentang pemaksimalan pemanfaatan aplikasi Avogadro yang kelak bisa dimanfaatkan untuk penelitian dan pembelajaran. Pertemuan ini juga berlangsung dengan akrab, karena seluruh pesertanya sudah saling mengenal satu sama lain, yang diselingi canda tawa. Pertemuan mendatang akan diagendakan, dengan pemanfaatan aplikasi Marvin Sketch.


Medan, 5 Juli 2020
diresume oleh,

Dr. Sun Theo CL Ndruru
Nova Pratiwi Indriyani, M.Si

1 komentar:

  1. Semoga terus berjalan ya mestipun pandemi udah berakhir pak Theo

    BalasHapus

Sharing Riset dan Inovasi II

Tanggal 4 Juli 2020, Personil yang tergabung dalam WA Group Discussion Pendidik Sains dan Teknik kembali mengadakan pertemuan via zoom. Keg...